Selasa, 02 Oktober 2012

IBSS , BSS dan ESS


  1. Independen Basic Service Set (IBSS)

Independen Basic Service Set (IBSS) adalah Bentuk sederhana Wireless LAN yang terdiri dari beberapa node yang masing- masing bisa saling melihat yang lain (peer-to-peer) dan tidak ada yang bertindak sebagai access point.

Access point adalah perangkat yang menjadi sentral koneksi dari client ke ISP
biar lebih jelas, mari lihat gambar dibawah ini :




Tidak terdapat access point disana, sehingga apabila satu komputer ingin melakukan pertukaran data dengan komputer lain maka mereka bisa saling terhubung satu sama lain tanpa harus melewati access poin terlebih dahulu

sistem seperti ini biasa digunakan pada daerah yang terkena bencana alam yang menyebabkan listrik dan jaringan yang ada mati, sehingga petugas melakukan IBSS ini agar penanganan masalah di daerah tersebut cepat teratasi (di indonesia blum diterapkan keknya :) )
  1. Basic Service Set (BSS)
Basic Service Set merupakan kondisi yang diimplementasikan di perangkat Access Point, seluruh node melakukan transmisi ke Access Point, dan disebar ke node lain.
Basic Service Set dapat digambarkan sebagai blok prinsip kerja untuk sebuah WLAN. Sebuah BSS terdiri atas beberapa piranti mobile (laptop) atau piranti tetap (PC) dan satu stasiun sentral, yang dikenal dengan nama access point.

Bisa dikatakan Basic Service Set sama seperti Independen Basic Service Set tetapi bedanya client di BSS harus melewati Access point terlebih dahulu apabila ingin melakukan pertukaran data dengan yang lain.
mari lihat gambar berikut :



3.      Extended Service Set.
Extended Service Set (ESS) adalah jaringan yang terbentuk dari dua atau lebih BSS dengan AP. Dalam hal ini antar BSS terdistribusi melalui sistem jaringan, yang biasanya adalah jaringan LAN. Jaringan LAN ini disambungkan ke AP pada setiap BSS. Satu station ke station lain di dalam satu BSS dapat berkomunikasi baik melalui AP ataupun tanpa AP. 
Sedangkan dua buah station yang berada di dua BSS yang berbeda akan berkomunikasi setelah melalui dua AP. Arsitektur ini mirip dengan sistem komunikasi seluler, yang mana masing-masing BSS berlaku seperti sel dan masing - masing AP berlaku seperti halnya station radio basis. Catatan bahwa ada kemungkinan sebuah mobile station menjadi anggota lebih dari satu BSS pada saat yang bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar